Selasa, 24 Oktober 2017 - 4 Safar 1439 H

Baru Satu Parpol Serahkan Berkas di Pariaman

Ilustrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU). (Antara)
Pariaman, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, Sumatera Barat baru menerima satu berkas pendaftaran Partai politik (Parpol) untuk persiapan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

"Hingga saat ini baru Partai Perindo Indonesia yang mendaftar dan menyerahkan berkas ke KPU Kota Pariaman," kata Ketua KPU setempat Boedi Satria, di Pariaman, Kamis.

Berdasarkan hasil verifikasi, partai Perindo memiliki kelengkapan berkas yang sesuai dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Kecocokan data tersebut diantaranya 481 Kartu Tanda Anggota (KTA) dan 481 Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Ia mengatakan sejak pendaftaran dibuka 3 hingga 16 Oktober 2017, memang sudah banyak parpol yang mendatangi KPU setempat namun baru sebatas konsultasi. Beberapa kendala disebabkan petinggi partai di tingkat pusat belum mendaftar ke KPU Republik Indonesia.

"Beberapa parpol yang kami hubungi terkendala karena di tingkat Dewan Pimpinan Pusat belum mendaftarkan ke KPU RI sehingga di tingkat daerah masih menunggu," katanya.

Terkait sosialisasi dan imbauan kepada pengurus parpol di tingkat daerah, KPU setempat telah melakukannya beberapa kali. Bahkan pihak KPU akan melayangkan surat ke pengurus partai di daerah itu agar melakukan pendaftaran sebelum batas akhir yaitu 16 Oktober 2017, ujarnya.

Dalam surat tersebut berisi empat poin yaitu segera menyerahkan berkas ke KPU, kedua batas akhir partai melakukan pendaftaran sebelum 16 Oktober pukul 24.00 WIB. Kemudian, memastikan berkas jumlah KTA dan KTP sesuai dengan data SIPOL.

Selain itu ujarnya, Parpol yang akan mendaftar juga harus melampirkan surat mandat kepada pihak yang menyerahkan berkas ke KPU. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) 11 tahun 2017 pasal 1 ayat 23.

Terpisah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kota Pariaman Edison TRD mengatakan pihaknya telah mendatangi KPU setempat untuk mendaftar dan menyerahkan berkas untuk persiapan Pileg 2019.

"Partai Hanura telah mengurus dan menyerahkan berkas ke KPU, namun terjadi kendala yaitu perbedaan data di SIPOL pusat," kata dia.

Perbedaan tersebut ujar dia, terletak pada jumlah KTA partai yang masih menggunakan berkas pemilu sebelumnya. Data di SIPOL jumlah KTA partai Hanura sebanyak 338 sementara data terbaru hanya 110. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga